Home|Stakeholder|Forum Tanya Jawab|Publikasi|Link|Galeri|Kontak|Perpustakaan Online Disbun Jatim|Dharma Wanita Persatuan Disbun Jatim
Profil Perkembangan Perkebunan Komoditi Unggulan Layanan Publik P P I D Berita & Agenda Info Bisnis
Berita & Agenda ›

- BERITA UTAMA -

DAMPAK ERUPSI GUNUNG RAUNG TERHADAP
KOMODITI PERKEBUNAN

Letusan gunung raung yang terjadi pada akhir Juni s/d akhir Juli 2015 lalu, menimbulkan beberapa efek kerusakan terhadap tanaman perkebunan yang berada di wilayah terdampak erupsi di sekitar Gunung Raung, khususnya adalah tanaman tembakau yang saat itu bertepatan dengan musim pertanaman tembakau. Wilayah jatuhnya abu vulkanik Gunung Raung memang menyasar tanaman tembakau milik petani, terutama yang berada di Kabupaten Jember. Banyak petani tembakau Jember menggantungkan hidupnya dari bercocok tanam tembakau sehingga Jember dikenal sebagai salah satu sentra tembakau di Jawa Timur, baik tembakau Voor Oogst maupun tembakau Na Oogst. Oleh karena itu, dapat dipahami, jika para petani merasa risau manakala tanaman tumpuan hidupnya terkena dampak erupsi Gunung Raung.


LIMA DAERAH DIBANTU 50 HEKTAR KAKAO
Kamis, 26 Mei 2016 06:57

BLITAR - Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa akan mengembangkan tanaman coklat atau kakao di sejumlah daerah di Jawa Timur. Tahun 2016 ini, kebun kakao rencananya akan diberikan di 5 kabupaten.

Hadi Prasetyo, Asisten II Pemprov Jawa Timur mengatakan, posisi kakao di Jawa Timur ini mengalami peningkatan yang cukup bagus. Baik dari sisi tanam, dan juga produksi hilir. Hal tersebut terbukti dengan berdirinya beberapa kampung cokelat seperti yang ada di Kademangan, Blitar. Untuk itu, tahun 2016 ini, Pemprov bersama Uni Eropa akan memberikan bantuan kepada 5 daerah untuk pengembangan kakao. “Kami akan mendapatkan bantuan dari Uni Eropa kira-kira untuk pengembangan kakao seluas 50 hektar. Masing-masing 10 hektar di Pacitan, Trenggalek, Blitar, Malang dan Bondowoso,” kata Hadi Prasetyo, saat membuka acara Pengembangan Ekonomi Daerah melalui Budidaya Kakao Berkelanjutan di Blitar, Kamis (10/3/16).

Menurutnya, bantuan 50 hektar lahan untuk kakao ini akan menambah lahan kakao di Jatim yang sementara ini luasnya mencapai 34 ribu hektar. Dari sekitar 34.000 ha kebun kakao itu mampu mensupplay 32 ribu ton per tahun. Sedangkan lahan kakao Nasional Indonesia total 700.000 hektar. “Jadi Jatim ini baru tidak ada 5 persen terhadap produksi nasional. Tapi kita akan mencoba mendorong, chocolate cocoa sebagai bagian strategic comoditi untuk membangun ekonomi Jawa Timur,” jelasnya.

Ditambahkannya lagi, Cokelat ini mempunyai value tinggi untuk berbisnis, baik skala besar maupun UMKM. Apalagi Cokelat juga terus diteliti di bidang farmasi karena bisa mengurangi penyakit kanker. “Meski posisi Jatim hanya 5 persen Jatim terhadap nasional tapi ekspor Indonesia untuk luar negeri kebanyakan melalui Surabaya, maka ini peluang. Jadi tidak bisa langsung. Sama dengan kopi. Coklat punya prospek bagus di China,” papar mantan Kepala Bappeda Jatim ini.

Sementara itu, Samsul Arifien, Kepala Dinas Perkebunan Jawa Timur juga mengapresiasi animo masyarakat untuk menanam dan berbisnis cokelat. “Kampung cokelat di Blitar ini bisa dikunjungi 3.000 orang per hari. Ini sebuah peluang usaha yang sangat menguntungkan. Kita akan support yang seperti ini di daerah lain,” kata Samsul bangga.

Samsul menambahkan, Kakao itu bisa dikembangkan dengan lokasi spesifik. Seperti Jalur Lintas Selatan Jawa Timur, paling cocok untuk tanaman Kakao. Di sana sudah banyak kebun rakyat yang mulai menanam kakao. “Sekarang produksi kita sudah 32 ribu ton di Jatim. Itupun 80 persen sudah ditanam di kebun rakyat. Selebihnya adalah Perusahaan Perkebunan Besar,” terang Samsul. *R-tm

Berita Lain

Kalender Kegiatan
« May 2017 »
Mi Se Se Ra Ka Ju Sa
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      
Ditempuh untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan perkebunan di Jawa Timur, dan terkait dengan keragaman pembangunan perkebunan yang telah dicapai.
 
Info Lelang terbaru
 
Sampaikan pertanyaan-pertanyaan Anda seputar informasi perkebunan Jawa Timur, kami akan dengan senang hati melayani Anda.
 
Zona Komoditi Perkebunan
Informasi Perkebunan bagi masyarakat dan petani perkebunan di Jawa Timur pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, disajikan lengkap pada fitur Zona Komoditi Perkebunan
   
 
Home
Profil Dinas Perkebunan
Perkembangan Perkebunan
Produk Unggulan
Informasi Harga
Berita & Agenda
Forum Tanya Jawab
Stakeholder
Kontak
Link
Galeri
Publikasi
Dinas Perkebunan Jawa Timur
Jl. Gayung Kebonsari No. 171
Surabaya 60235 Jawa Timur Indonesia
Telp. 031 829 1990 - Fax. 031 828 1767
Website : www.disbunjatim.go.id
e-Mail : info@disbunjatim.go.id