Home|Stakeholder|Forum Tanya Jawab|Publikasi|Link|Galeri|Kontak|Perpustakaan Online Disbun Jatim|Dharma Wanita Persatuan Disbun Jatim
Profil Perkembangan Perkebunan Komoditi Unggulan Layanan Publik P P I D Berita & Agenda Info Bisnis
Berita & Agenda ›

- BERITA UTAMA -

DAMPAK ERUPSI GUNUNG RAUNG TERHADAP
KOMODITI PERKEBUNAN

Letusan gunung raung yang terjadi pada akhir Juni s/d akhir Juli 2015 lalu, menimbulkan beberapa efek kerusakan terhadap tanaman perkebunan yang berada di wilayah terdampak erupsi di sekitar Gunung Raung, khususnya adalah tanaman tembakau yang saat itu bertepatan dengan musim pertanaman tembakau. Wilayah jatuhnya abu vulkanik Gunung Raung memang menyasar tanaman tembakau milik petani, terutama yang berada di Kabupaten Jember. Banyak petani tembakau Jember menggantungkan hidupnya dari bercocok tanam tembakau sehingga Jember dikenal sebagai salah satu sentra tembakau di Jawa Timur, baik tembakau Voor Oogst maupun tembakau Na Oogst. Oleh karena itu, dapat dipahami, jika para petani merasa risau manakala tanaman tumpuan hidupnya terkena dampak erupsi Gunung Raung.


HARGA GULA NAIK DRASTIS, GUBERNUR JATIM KUMPULKAN SELURUH KOMPONEN PERGULAAN DI JATIM
Jumat, 27 Mei 2016 13:21
SURABAYA - Komisi B DPRD Jatim menuding Bulog Jatim lamban untuk menangani tingginya harga gula di Jatim. Gubernur Jatim Soekarwo memastikan akan memanggil seluruh komponen yang berkaitan dengan gula di Jatim. "Saya kumpulkan semua mulai Disbun, Disperindag, pabrik gula dan pedagang gula. Dicarikan apakah ini gula harganya naik masih normal atau naik berlebihan. Nanti bisa dibicarakan cara menekannya," jelasnya di Surabaya, Senin (23/5). 

Senada dengan Gubernur Jatim, Kepala Dinas Perkebunan Jatim Samsul Arifien mengaku sudah membicarakan hal tersebut dengan Disperindag Jatim dan melaporkan kepada Gubernur Jatim. "Sudah ada dan akan dibahas bersama untuk dicari solusinya untuk menekan kenaikan harga gula," terangnya. 

Lebih lanjut, masih menurut Samsul, bahwa saat ini beberapa Pabrik Gula: PG Gempolkrep, PG Pesantren, PG Ngadirejo sudah mulai giling pada tanggal 16 Mei 2016, sehingga sudah ada produksi gula tebu 2016. Diharapkan dengan adanya tambahan stok gula dari hasil giling tahun 2016, harga gula dapat dikendalikan. Pada akhir Mei nanti sudah ada stok ± 20.000 ton gula yang segera akan didistribusikan ke pasar pada awal Juni. 

Sementara itu, anggota Komisi B DPRD Jatim Subianto menuding pihak Bulog Jatim kurang cepat dalam menangani kenaikan harga gula di Jatim." Meroketnya harga gula imbas dari distributor yang memborong gula Jatim untuk dijual di luar Jatim, imbasnya Jatim kekurangan pasokan gula. Tidak hanya itu, peran Bulog yang harusnya menjadi penyangga pangan malah tidak melakukan langkah tepat untuk menekan harga gula, ironisnya lagi langkah antisipasi pun tidak dilakukan Bulog," papar anggota Komisi B DPRD Jatim Subianto saat ditemui di Surabaya, Senin (23/5). 

Subianto mengatakan terkait ulah distributor menjual gula Jatim ke luar Jatim, Pemerintah tidak bisa membatasi dikarenakan itu bagian dari pasar bebas, yang harusnya melakukan langkah antisipasi adalah Bulog Jatim karena peran Bulog adalah penyangga pangan, tapi faktanya Bulog tidak bisa menjalankan peran dan fungsinya, imbasnya saat kondisi stok pangan minim, harga langsung meroket tajam, karena memang tidak ada langkah antisipatif yang dilakukan Bulog. *Y-tm
Berita Lain

Kalender Kegiatan
« May 2017 »
Mi Se Se Ra Ka Ju Sa
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      
Jumlah penduduk Jawa Timur yang berusaha pada sub sektor perkebunan sekitar 20,21 % dari total jumlah penduduk.
 

    Komiditi Unggulan - Kakao

    Kakao (Theobroma cacao) merupakan komoditi strategis untuk meningkatkan pendapatan petani perkebunan.

    Komiditi Unggulan - Tebu

    Tebu (Saccharum officinarum) merupakan salah satu komoditi perkebunan yang penting dalam pembangunan sub sektor perkebunan.

    Komiditi Unggulan - Kopi

    Kopi (Coffea spp. L.) merupakan salah satu komoditi perkebunan yang masuk dalam katagori komoditi strategis.

    Komiditi Unggulan - Jambumete

    Jambu Mete (Anacardium Occidentale, Linn.) merupakan salah satu komoditi perkebunan yang penting dalam pembangunan sub sektor perkebunan.

    Komiditi Unggulan - Kelapa

    Kelapa (Cocos nucivera L.) merupakan salah satu komoditi perkebunan yang penting dalam pembangunan sub sektor perkebunan.

    Komiditi Unggulan - Tembakau

    Tembakau (Nicotiana spp. L.) merupakan salah satu komoditi perkebunan yang penting dalam pembangunan sub sektor perkebunan.

 
Sampaikan pertanyaan-pertanyaan Anda seputar informasi perkebunan Jawa Timur, kami akan dengan senang hati melayani Anda.
 
Zona Komoditi Perkebunan
Informasi Perkebunan bagi masyarakat dan petani perkebunan di Jawa Timur pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, disajikan lengkap pada fitur Zona Komoditi Perkebunan
   
 
Home
Profil Dinas Perkebunan
Perkembangan Perkebunan
Produk Unggulan
Informasi Harga
Berita & Agenda
Forum Tanya Jawab
Stakeholder
Kontak
Link
Galeri
Publikasi
Dinas Perkebunan Jawa Timur
Jl. Gayung Kebonsari No. 171
Surabaya 60235 Jawa Timur Indonesia
Telp. 031 829 1990 - Fax. 031 828 1767
Website : www.disbunjatim.go.id
e-Mail : info@disbunjatim.go.id