Kontak Kami : 031 829 1990 Email: pelayanan@ppid.disbun.jatimprov.go.id
follow us:  
Berita

Prosesi tanam kakao dan pesta cokelat rakyat.

Tanaman kakao yang menghasilkan produksi cokelat adalah salah satu komoditi unggulan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur. Pengembangan tanaman kakao rakyat menjadi perhatian Dinas yang dipimpin oleh Ir. Moch. Samsul Arifien, MMA ini. Beliau menggagas sebuah konsep “cocoa belt” / sabuk kakao di mana di sepanjang pantai selatan Jawa Timur dari Pacitan sampai Banyuwangi akan dipenuhi deretan tanaman kakao rakyat.

Pada tahun 2015 ini, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur menunjukkan perhatiannya kepada tanaman kakao tersebut, dengan diselenggarakannya acara prosesi tanam kakao dan pesta cokelat rakyat. Prosesi tersebut diselenggarakan di Blitar Jawa Timur, tepatnya di Kampung Cokelat, Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan, yang dikelola oleh Bpk Kholid Mustofa, Ketua Gapoktan Guyub Santoso.

Pemilihan lokasi di Kampung Cokelat ini sejalan dengan visi dari Kadisbun Jatim yang ingin membesarkan kakao rakyat menembus pasar dunia. Di kampung cokelat telah dilakukan pengolahan kakao menjadi aneka ragam makanan dan minuman berbahan cokelat. Mengambil bahan baku biji kakao dari para petani kakao rakyat, diharapkan akan menjadi contoh bagi pengembangan di daerah lain. Bahkan kampung cokelat kini telah menjadi tujuan wisata dengan konsep wisata edukasi bagi pengunjung untuk mengenal tanaman kakao hingga pengolahannya menjadi makanan cokelat yang kita kenal.

Prosesi tanam kakao diselenggarakan pada tanggal 23 Mei 2015, dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur Ir. Moch. Samsul Arifien, MMA yang berkenan hadir di kampung Cokelat. Di pagi yang cerah itu Kadisbun Jatim beserta Ibu bersama seluruh jajaran Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur berikut para ibu anggota Dharma Wanita telah hadir di Kampung Cokelat untuk turut serta mengikuti serangkaian acara prosesi tanam kakao.

Sebelum prosesi tanam, Kadisbun Jatim berkenan menyerahkan bibit kepada para ibu anggota Dharma Wanita yang mewakili kabupaten-kabupaten di sepanjang pantai selatan, yaitu: Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan. Dengan berdandan ala petani dan dihiasi pernak pernik bertema cokelat tampak para ibu anggota Dharma Wanita saling unjuk kebolehan mengekspresikan antusiasme mengikuti penerimaan bibit dari Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur.

Kembali
Pedoman Umum PPIDPedoman Umum PPID telah tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 35 tahun 2010 tentang...
Selengkapnya   
BeritaProsesi tanam kakao dan pesta cokelat rakyat.
Selengkapnya   
Tanaman kakao yang menghasilkan produksi cokelat
Selengkapnya