Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

Majalah Disbun Edisi 13 Tahun 2014

Edisi 13 Tahun 2014

Redaksi : Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur

Judul : Menggantung Asa Pada Tembakau

Pembaca yang Budiman...! Seperti telah diketahui, tembakau merupakan bagian penting dalam perjalanan sejarah Jawa Timur. Si Daun Emas ini tidak hanya menjadi salah satu komoditas kebanggaan Jawa timur di samping tebu, tapi juga menjadi gantungan dan harapan hidup jutaan orang. Tembakau adalah anugerah yang mampu menggerakkan roda perekonomian cukup cepat dan kuat. Hanya dalam hitungan 2-3 bulan ditanam, tembakau telah menjadi magnet yang mampu menarik uang miliaran rupiah di saat panen. Masyarakat tidak hanya menangguk rezeki dari pembudidayaan tanaman, tapi juga terlibat sebagai belandang (pedagang perantara); pekerja di gudang pabrikan besar; pengolah hasil tembakau (pengomprong Virginia dan perajang beragam tembakau); pekerja di industri hasil tembakau (pabrik rokok); pedagang rokok; dan tentu yang tak boleh dilupakan, para penikmat olahan tembakau.

Baca Online

Download PDF

Majalah Disbun Edisi Spesial Hari Perkebunan 2013

Edisi Spesial Hari Perkebunan 2013

Redaksi : Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur

Judul : Menyatukan Visi Demi Gapai Swasembada Gula

Pembaca yang budiman. Kali ini tampilan Majalah Dinamika Perkebunan full colour, karena merupakan Edisi Spesial Hari Perkebunan ke-56. Ini hari yang membahagiakan bagi petani perkebunan, pengelola perkebunan besar swasta dan negara, serta aparatur bidang perkebunan. Semua memaknai dengan obsesi masing-masing. Namun pada intinya, semua ingin perkebunan di Indonesia, khususnya di Jawa Timur akan lebih maju lagi. Dan terpenting pelaku perkebunan akan hidup lebih sejahtera.

Baca Online

Download PDF

Majalah Disbun Edisi Mei 2013

Edisi Mei 2013

Redaksi : Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur

Judul : Jatim Siap Sukseskan Bongkar Ratoon 2013

Didukung  dana  APBN,  tahun 2013 pemerintah kembali menggelar program Bongkar Ratoon  di   Jawa Timur. Ditargetkan bongkar ratoon kali ini bisa mencapai sasaran 28.400 Ha yang mencakup 25 kabupaten / kota. Sebelumnya, tahun 2003 - 2007, Jatim juga sukses menjalankan program bongkar ratoon dari dana APBN, sehingga produktivitas tebu kembali meningkat dan penataan varietas menjadi lebih baik.

Baca Online

Download PDF

Majalah Disbun Edisi Khusus Hari Perkebunan 2012

Edisi Khusus Hari Perkebunan 2012

Redaksi : Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur

Judul : Usai Tinjau Bangkalan, Dirjenbun Respon Positif Pengembangan Tebu Madura

Pengembangan tebu lahan kering di Bangkalan dan Sampang (Madura) mendapat perhatian dari Kementerian Pertanian. Awal Nopember 2012 lalu, Direktur Jenderal Perkebunan, Ir. Gamal Nasir, MS mengunjungi Jawa Timur untuk memantau perkembangan industrialisasi gula di Madura. Menurut Gamal Nasir, melihat potensi dan perkembangan penanaman tebu di Madura, pemerintah dalam waktu dekat akan mengucurkan dana Rp 89 miliar untuk mempercepat industrialisasi gula di sana sekaligus membuka areal baru 4 ribu hektar di tahun 2013.

Baca Online

Download PDF

Copyright © 2013 Dinas Perkebunan Jawa Timur. All rights reserved