Image

Tertinggi, Rendemen Tebu PG Ngadirejo Capai 10 Persen

30 Nov -0001  |   Berita   |  

Sudah menjadi rahasia umum jika hasil rendemen (perbandingan kadar gula dalam tebu) dari pabrik gula (PG) di jajaran PT Perkebunan Nusantara (PTPN) x cukup tinggi. Capaian positif itu kini kian meningkat dengan dicapainya rendemen tertinggi oleh PG Ngadirejo yang berhasil mencatat rendemen 10 persen.
Administratur PG Ngadirejo, Ir Budi Adi Prabowo MM mengaku selama hampir satu minggu terakhir terhitung sejak 24-28 September 2012 hasil capaian rendemen harian di PG Ngadirejo mampu mencapai 10 persen. Keberhasilan PG yang berlokasi di Kecamatan Kras Kediri ini untuk bisa konsisten menjaga rendemen 10 persen ini menjadi prestasi tersendiri.
Hal ini lantaran, dari informasi yang diterimanya, rendemen 10 persen ini baru terjadi saat ini dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Disinggung soal upaya yang telah dilakukan untuk meraih rendemen harian 10 persen, ia mengatakan bahwa pihaknya benar-benar memperhatikan bahan bakunya yaitu dari sisi on farm.
"Kami sangat memerhatikan tebunya. Masa tebang tebu harus dipatuhi agar petani mendapatkan tebu yang manis,bersih dan segar (MBS)," ungkapnya. Untuk mendapatkan tebu MBS, petani dan tenaga tebang angkut harus memerhatikan dan melakukan penebangan tebu sesuai dengan masa tebang dan taksasi yang sudah dilakukan oleh karyawan PG.
Untuk PG di bawal pengelolaan PTPN X rendemen tertinggi masih dipegang oleh PG Pesantren Baru Kediri dengan rendemen rata-rata 8,5 persen. Sedangkan PG di bawah naungan PTPN XI tertinggi yakni PG Asembagoes Situbondo dengan perolehan rendemen rata-rata mencapai 8,1 persen. Rendemen terendah saat ini yakni PG Kebon Agung Malang yakni 7 persen dan PGCandi Sidoarjo yang hanya mencapai 6,9 persen. (riz-tim)

Author By : Yasint - Tertinggi, Rendemen Tebu PG Ngadirejo Capai 10 Persen - 30 Nov -0001