Image

Manfaat Sereh Wangi (Cymbopogon nardus L.) Sebagai Pestisida Nabati

16 Apr 2021  |   Artikel   |  

Sereh wangi (Cymbopogon nardus L.) merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam famili Graminae. Sereh wangi merupakan tanaman penghasil minyak atisiri yang banyak ditanam sebagai tanaman sela pada areal kopi maupun kakao. Sereh wangi dapat hidup pada daerah yang beriklim panas maupun basah dengan ketinggian 250 -1.250 mdpl dengan intensitas cahaya 75 – 100% (sukamto dan Djazuli, 2011). Klasifikasi sereh wangi adalah sebagai berikut :

 
Divisi       : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas       : Dicotyledonae
Bangsa   : Solanales
Suku       : Graminae
Marga     : Cymbopogon
Jenis       : Cymbopogon nardus L.

Kandungan minyak serai wangi terdiri dari senyawa sitral, sitronela, geraniol, mirsena, nerol, farnesol methil heptenol dan dipentena. Namun kandungan yang paling besar adalah sitronela yaitu sebesar 35% dan graniol sebesar 35 - 40%, dimana kedua komponen tersebut menentukan intensitas bau, harum serta harga minyak sereh wangi. Bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan baku pestisida nabati adalah daun dan akar.
Kelebihan sereh wangi sebagai pestisida nabati adalah mempunyai spektrum yang luas, tidak bersifat toksik, nersifat sistemik, mudah terurai, ramah lingkungan dan dapat dikombinasikan dengan teknik pengendalian yang lain.


Cara kerja :
1. Senyawa sitronela mempunyai sifat racun dehidrasi (desiccant). Racun tersebut merupakan racun kontak yang dapat mengakibatkan kematian karena kehilangan cairan terus menerus.   Serangga   yang   terkena   racun   ini akan mati karena kekurangan cairan.
2. Penolak (repellent)
3. Bersifat sebagai insektisida, fungisida, bakterisida dan nematisida

Daftar pustaka
Darwis. (2010). Peranan serai wangi sebagai tanaman konservasi pada tanaman kakao di lahan kritis. Buletin Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, 21 (2), 117-128.
Suroso. 2018. Budidaya Serai Wangi. Penyuluh Kehutanan Lapangan. Yogyakarta: Dinas Kehutanan dan Perkebunan
Syukur. 2010. Budidaya Serai Wangi. Bogor: Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik.

Author By : Irma Kisworini, SP. - Manfaat Sereh Wangi (Cymbopogon nardus L.) Sebagai Pestisida Nabati - 16 Apr 2021