Image

Pembangunan Alat Pengolahan Hasil Jarak Pagar (Jatropha carcus L) di Jawa Timur

01 Jan 2007  |   Agenda   |  

Penanaman jarak pagar yang dikembangkan akan segera diikuti dengan alat pengolahan hasil, sementara sampai saat ini alat tersebut masih banyak yang ditawarkan dengan berbagai prototipe namun hasil pengolahanya belum diketahui. Tim Satuan Tugas Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur untuk menyusun konsep ke depan guna menyiasati tata niaga penjualan biji jarak produksi masyarakat yang diperkirakan akan mulai menghasilkan pada tahun 2007.

Penjajagan alat pengolahan biji jarak pagar dilakukan dengan belajar pada alat yang dioperasionalkan di NTB, juga dengan melakukan diskusi ke Bogor (IPB dan Balai Besar Pengolahan Pasca Panen), Biotek BPPT Serpong dan bahkan sampai menelusuri alat yang ada di Jawa Tengah.

Rencana pemberian bantuan alat pengolahan hasil yang akan dilakukan adalah melalui dana APBN Departemen Pertanian (1 unit) pada tahun 2006 dan Departemen Peridustrian (1 unit) pada tahun 2007. Sedang pemenuhan kebutuhan teknologi tepat guna untuk tahun 2007 diprioritaskan bagi Desa Mandiri Energi yang direncanakan oleh Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Dengan demikian masyarakat dapat merasakan secara langsung manfaat pengembangan tanaman jarak pagar.

Author By : Admin - Pembangunan Alat Pengolahan Hasil Jarak Pagar (Jatropha carcus L) di Jawa Timur - 01 Jan 2007