Image

Mengenal Laba-Laba Serigala (Wolf Spider) Pemburu Hama pada Tanaman Kakao

13 Dec 2021  |   Artikel   |  

Laba-laba serigala (wolf spider) tidak seperti laba-laba pada umumnya. Laba-laba serigala tidak membuat jaring serta tidak menangkap mangsanya dalam jaring tersebut. Sebagai gantinya, laba-laba ini mengejar dan memburu mangsanya—seperti yang dilakukan seekor serigala. Serangga yang dilihatnya dikejar, ditangkap dan digigit atau dimakan. Walaupun sesungguhnya laba-laba serigala tampak sangat mirip dengan Tarantula, pada umumnya laba-laba ini lebih kecil dan berasal dari famili yang berbeda. Nama ilmiah untuk laba-laba serigala adalah Lycosidae (dari bahasa Yunani, yang berarti serigala/“wolf.”).
Laba-laba serigala aktif pada malam hari, berjalan di atas tanah mencari serangga. Juga berburu di cabang dan dedaunan pohon Kakao. Laba-laba serigala sangat cepat bergerak. Laba-laba ini sulit ditangkap karena kecepatannya yang ekstrem. Pada siang hari laba-laba bersembunyi di antara benda-benda berlumut atau yang sudah membusuk.


Siklus Hidup

Laba-laba jantan menggoyangkan bagian mulutnya (yang tampaknya seperti kaki) untuk merayu betina. Setelah perkawinan, laba-laba betina menenun sarung telur yang disambungkan ke bagian belakang tubuhnya. Kantong ini dibawa kemana-mana juga saat berburu.

Anak laba-laba menetas naik ke punggung induknya, dan sampai dengan 100 anak dibawa di punggungnya. Bila anak laba-laba cukup besar,turun dari induk pada saat angin berhembus. Mengangkat bagian belakang badannya, menenun sutera dan ditiup angin ke tempat lain.

Laba-laba ini memakan wereng seperti Helopeltis spp atau kepik, juga ngengat dan ulat. Setelah menangkap serangga, laba-laba menyuntik racun yang melumpuhkan korban, baru mengisap cairan.

Ciri-ciri fisik laba-laba serigala adalah sbb :
a. Laba-laba berbulu, berwarna cokelat hingga kelabu dengan variasi noktah atau garis; laba-laba betina memiliki panjang tubuh sekitar 34 mm sedangkan yang jantan sekitar 19 mm.
b. Mata laba-laba serigala terdiri dari tiga baris; baris pertama memiliki empat mata kecil; baris kedua terdiri dari dua mata yang lebih besar dan baris ketiga memiliki dua mata berukuran sedang. Dua mata di bagian tengah wajah sangat jelas terlihat lebih besar dibandingkan enam mata yang lain.
c. Pada laba-laba serigala terdapat tiga cakar pada ujung tarsal, Tarsal adalah ruas terakhir pada kaki serangga
d. Laba-laba serigala memiliki taring yang menyerupai penjepit dengan orientasi menyamping. Meskipun begitu, gigi seperti ini dimiliki oleh seluruh spesies dalam infraordo Araneomorphae, dengan laba-laba serigala sebagai salah satu anggotanya
e. Laba-laba serigala dan laba-laba Brown Recluse memiliki warna yang sama, yaitu abu-abu kecokelatan. Namun laba-laba serigala tidak memiliki penanda berupa bentuk biola di belakang kepalanya sebagaimana pada laba-laba Brown Recluse. Selain itu laba-laba serigala juga memiliki kaki lebih pendek daripada laba-laba Brown Recluse dan laba-laba lain yang tinggal dalam jaring.
f. sebagian besar laba-laba serigala berukuran lebih kecil dari sebagian besar Tarantula.


DAFTAR PUSTAKA

Deptan, 2002. Musuh Alami, Hama dan Penyakit Tanaman Kakao Edisi Kedua. Direktorat Perlindungan Perkebunan. Jakarta
Ncsmnd, 2021. Laba-laba serigala image. https://pixabay.com/id/photos/laba-laba-serigala-laba-laba-6615604/, diakses pada 2 Desember 2021
Wikihow, 2021. Cara Mengenali Laba Laba Serigala (Wolf Spider). https://id.wikihow.com/Mengenali-Laba-Laba-Serigala-(Wolf-Spider), diakses pada 4 Desember 2021



Author By : Kurniawati, SP. - Mengenal Laba-Laba Serigala (Wolf Spider) Pemburu Hama pada Tanaman Kakao - 13 Dec 2021