Image

Parasitoid Hama Tanaman Perkebunan

29 Sep 2022  |   Artikel   |   23 views

Parasitoid merupakan serangga yang penting dalam teknik pengendalian hayati, hal ini dikarenakan dalam proses kehidupannya terdapat fase/tahapan dimana serangga parasitoid tersebut hidup didalam tubuh inangnya. Parasitoid memegang peranan penting dalam pengembangan pengendalian hama terpadu (PHT) karena memiliki beberapa keuntungan, diantaranya yaitu relatif aman terhadap lingkungan.
Serangga parasitoid dapat memangsa telur, larva maupun serangga dewasa (imago). Parasitoid serangga memiliki tahap pradewasa yang berkembang pada atau di dalam inang tunggal serangga, yang pada akhirnya membunuh inangnya, Parasitoid serangga yang paling bermanfaat adalah tawon atau lalat.

Karakteristik utama parasitoid serangga adalah mereka spesialisasi dalam pilihan inangnya, ukurannya lebih kecil dari inangnya, hanya parasitoid betina yang mencari inang, spesies parasitoid yang berbeda dapat menyerang tahap hidup inang yang berbeda, telur atau larva biasanya diletakkan di, di atas, atau di dekat inang, pradewasa tetap berada pada atau dalam inang; parasitoid dewasa hidup bebas, mobile, dan mungkin predasius, pradewasanya hampir selalu membunuh inangnya.
Hama yang diserang oleh parasitoid mati lebih lamban. Beberapa inang lumpuh, sementara yang lain mungkin terus makan pada tanaman atau bahkan bertelur sebelum mati. Parasitoid dapat menjadi musuh alami yang dominan dan paling efektif dari beberapa serangga hama, tetapi keberadaannya mungkin kentara.
Beberapa jenis parasitoid hama pada tanaman perkebunan diantaranya :
Eriborus argenteopilosus (Hymenoptera; Ichneumonidae) dan Snellenius manilae (Hymenoptera; Braconidae), Serangga inang parasitoid jenis ini diantaranya yaitu ulat grayak/ Spodoptera litura,

Lalat Tachinid. Lalat tachinid kelihatan seperti lalat rumah tetapi bulunya lebih tebal. Lalat tachinid adalah parasitoid hama ulat jengkal yang efektif. pada umumnya jenis ini meletakkan telur diatas ulat atau secara langsung pada tubuh inangnya, namun beberapa jenis dari family Tachinidae meletakan telur pada daun yang kemudian dimakan oleh serangga inangnya.

Tawon bracon (Hymenoptera; Braconidae), terdapat dua jenis tawon bracon yag menyerang hama penggerek batang Zeuzera sp. yaitu tawon bacon Mysoma chinensis dan Bracon zeuzerae. Mekanisme parasitisme tawon branco yaitu dengan hinggap pada larva sasarannya dan kemudian meletakan telur ke dalam tubuh larva tersebut, kemudian telur tersebut menetas menjadi larva dan akan memakan tubuh inangnya sehingga menyebabkan kematian serangga inang.


Daftar Pustaka

Anonym, 2022. https://mplk.politanikoe.ac.id/index.php/musuh-alami-opt/parasitoid-hama-tanaman, diakses pada tanggal 17 September 2022
Anonym, 2022. https://mplk.politanikoe.ac.id/index.php/program-studi/38-manajemen-pertanian-lahan-kering/topik-kul..., diakses pada tanggal 17 September 2022
Nuraeni, Yeni, dkk. 2022. Keanekaragaman serangga parasitoid untuk pengendalian hama pada tanaman kehutanan, diakses pada 20 September 2022


Author By : Kurniawati, SP. - Parasitoid Hama Tanaman Perkebunan - 29 Sep 2022