Image

Pengembangan Irigasi Perpipaan Sebagai Solusi Mengatasi Kekeringan Pada Lahan Tanaman Perkebunan

30 Apr 2021  |   Artikel   |  

Proses budidaya tanaman, baik tanaman pertanian maupun tanaman perkebunan air merupakan faktor yang sangat penting. Ketersediaan air yang cukup sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman sehingga dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal. Musim kering ekstrim seperti yang terjadi pada tahun 2019, sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan produksi tanaman perkebunan. Banyak tanaman yang mati karena mengalami kekeringan serta banyak juga tanaman yang tidak berbuah secara optimal karena saat tanaman membutuhkan banyak air pada masa produksi, ketersediaan air bagi tanaman masih belum terpenuhi sehingga, produksi tanaman menjadi menurun.

Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur pada Tahun 2021 mendapatkan alokasi kegiatan dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian berupa bantuan Pemerintah (Banpem) Irigasi Perpipaan, kepada Kelompok tani di Kabupaten Madiun khususnya pada komoditas tanaman kakao dan cengkeh.
Konsep dari Irigasi Perpipaan adalah menyalurkan air dari sumber air, baik sumber air yang berasal dari mata air, sungai, danau atau sumber air lainnya yang posisi sumber airnya lebih tinggi dari kebun yang akan di airi dengan memanfaatkan sistem aliran gravitasi yang pendistribusian airnya menggunakan selang atau pipa. Pada sumber mata air dibuatkan bangunan sadap sebagai titik kumpul air dari mata air kemudian di salurkan ke bak penampung dan bak bagi air menggunakan pipa, dari bak bagi kemudian disalurkan ke kebun kakao dan cengkeh dengan menggunakan pipa. Bak penampung air dibangun pada area dengan posisi lebih tinggi dari kebun, sehingga air dapat menyebar secara lebih merata pada kebun sasaran.

Pemenuhan ketersediaan air untuk tanaman perkebunan melalui pengembangan irigasi perpipaan dapat membantu mengatasi kekeringan yang terjadi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan air untuk tanaman pada saat musim kemarau khususnya, sehingga tanaman tetap dapat tumbuh sehat dan tahan terhadap serangan organisme pengganggu tumbuhan.

Manfaat Pengembangan Irigasi Perpipaan adalah sebagai berikut :
1. Air irigasi akan lebih cepat sampai ke tujuan
2. Efisiensi akan lebih tinggi
3. Tidak mudah tercemar oleh keadaan sekitar
4. Volume pembagian air dapat diketahui
5. Pemasangan pipa dan bangunan pelengkapnya cukup sederhana dan mudah
6. Menghemat luasan tanah yang digunakan untuk jaringan
7. Dapat meminimalkan kehilangan air di sepanjang saluran irigasi (Litbang PU)
Kakao dan cengkeh merupakan komoditi perkebunan yang memiliki potensi besar dalam menyumbang sumber pendapatan negara. Bantuan pemerintah berupa pengembangan irigasi perpipaan untuk tanaman kakao dan cengkeh diharapkan dapat membantu meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman sehingga akan berujung pada meningkatnya penghasilan petani.


Daftar Pustaka
Petunjuk Teknis Pengembangan Irigasi Perpipaan TA. 2021. Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian. Kementerian Pertanian.
Teknologi Jaringan Irigasi Perpipaan. http://elearning.litbang.pu.go.id/teknologi/jaringan-irigasi-perpipaan. Diakses pada tanggal 7 April 2021.



Author By : Lina Nur Laila, SP. - Pengembangan Irigasi Perpipaan Sebagai Solusi Mengatasi Kekeringan Pada Lahan Tanaman Perkebunan - 30 Apr 2021