Image

Peranan Bahan Organik dalam Membantu Meningkatkan Kesuburan Tanah

05 Nov 2021  |   Artikel   |   87 views

Bahan organik tanah mempunyai peranan penting dalam kehidupan dan kesuburan. Peranan bahan organik tanah antara lain sumber hara tanaman, pembentukan struktur tanah stabil dan pengaruh langsung pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman di bawah kondisi tertentu (Kononova, 1966). Menurut Djajakirana (2002), bahwa bahan organik memiliki peran dan fungsi yang vital di dalam tanah, mempengaruhi sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Menurut Stevenson (1982), bahwa pengaruh bahan organik tanah adalah terhadap sifat fisik, kimia dan biologi tanah, yaitu sebagai penyedia unsur hara seperti N, P dan K bagi tanaman, sebagai sumber energi dan kehidupan bagi organisme tanah, sebagai buffer (penyangga) terhadap perubahan pH dan meningkatkan kemampuan Kapasitas Pertukaran Kation (KPK).

Bahan organik tanah akan mengalami degradasi dan dekomposisi sebagian keseluruhan, baik biologi maupun secara kimia di dalam tanah. Gaur (1981) mengemukakan bahwa dekomposisi merupakan proses biokimia yang di dalamnya terdapat bermacam-macam kelompok mikroorganisme yang membantu proses tersebut. Menurut Millar et al (1958), Beberapa faktor yang mempengaruhi proses dekomposisi bahan organik tanah adalah sebagai berikut :
1. Sifat bahan tanaman (jenis tanaman, umur tanaman dan komposisi kimia tanaman)
2. Sifat tanah (aerasi, suhu, kelembaban, kemasaman dan tingkat kesuburan)
3. Faktor iklim (suhu, kelembaban, curah hujan)

Pengaruh pemberian bahan organik tanah dapat meningkatkan pH tanah meskipun peningkatannya masih dalam kategori masam. Tingkat kemasaman tanah akibat dari pemberian bahan organik tersebut bergantung pada tingkat kematangan dari bahan organik yang diberikan, batas kadaluarsa dari bahan organik serta jenis tanahnya. Jika penambahan bahan organik yang belum matang akan menyebabkan lambatnya proses peningkatan pH karena proses dekomposisinya masih belum sempurna dan masih melepaskan asam-asam organik.

Telah dijelaskan bahwa pemberian bahan organik tanah akan berpengaruh terhadap ketersediaan unsur N, P dan K. Unsur N (Nitrogen) berfungsi untuk pembentukan protein dan asam amino, persenyawaan organik lain, mendorong pertumbuhan vegetatif daun, pembentukan klorofil daun, menstimulir pembentukan bunga serta memperbesar ukuran buah. Unsur P (Phospat) berfungsi untuk pembentukan protein, lemak dan biji-bijian. Sedangkan unsur K (Kalium) dibutuhkan untuk pertumbuhan vegetatif, pembentukan tandan buah, pembentukan pati dan mempengaruhi proses fotosintesis dan respirasi. Oleh karena itu ketersediaan ketiga unsur tersebut, yaitu N, P dan K harus terjaga dengan cara pemberian bahan organik ke dalam tanah secara berkala.

Daftar Pustaka
1. Dariah, A. 2007. Bahan Pembenah Tanah: Prospek dan Kendala Pemanfaatannya. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian. Ilmu Tanah Universitas Gadjah Mada.
2. Risma, R.W. dan Soemarno. 2015. Evaluasi Lahan Untuk Budidaya Tanaman Tebu. Buku-1 (STELA), Bahan Ajar Jurusan Tanah FPUB, 195 hal.
3. Suntoro Wongso Atmojo. 2003. Peranan Bahan Organik terhadap Kesuburan Tanah dan Upaya Pengelolaannya. Pidato Pengukuhan Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta


Author By : Irma Kisworini, SP. - Peranan Bahan Organik dalam Membantu Meningkatkan Kesuburan Tanah - 05 Nov 2021