Image

Refugia : Si Cantik Yang Kaya Manfaat

25 Nov 2022  |   Artikel   |   24 views

Refugia merupakan tumbuhan (tanaman berbunga maupun gulma) yang tumbuh disekitar tanaman yg dibudidayakan yang dapat dijadikan sebagai tempat berlindung, sumber nutrisi dan energi seperti nectar serta sebagai tempat tinggal sementara bagi musuh alami. Refugia umumnya memiliki warna yang mencolok, cerah dan cantik yang disukai oleh musuh alami. Sedangkan musuh alami merupakan organisme yang dapat merusak, mengganggu kehidupan atau dapat menyebabkan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) sakit atau mati.

Seiring dengan penggunaan bahan pengendali (OPT) berbahan kimia yang berlebihan dalam berbudidaya tanaman, hal tersebut memberikan pengaruh negatif terhadap penurunan populasi musuh alami karena tidak tersedianya habitat yang sesuai untuk berkembang biak. Salah satu cara untuk meningkatkan potensi musuh alami dalam mengendalikan hama tanaman pada suatu agroekosistem adalah dengan cara memanipulasi habitatnya. Manipulasi habitat dapat dilakukan dengan menanam tumbuhan berbunga yang dapat berfungsi sebagai sumber pakan, inang mangsa alternatif dan tempat berlindung musuh alami.

MANFAAT REFUGIA
Refugia mempunyai manfaat antara lain : madu dan nektar yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai sumber pakan musuh alami, membantu menyeimbangkan agroekosistem dengan cara menekan serangga hama melalui musuh alami sehingga pemakaian pestisida berbahan kimia dapat dikurangi, dapat dijadikan sebagai area konservasi musuh alami di kebun yaitu sebagai tanaman perangkap hama, penolak hama, tempat berlindung dan menarik musuh alami. Sehingga kemampuanya sebagai musuh alami dapat meningkat juga selain itu juga dapat mempercantik kebun dengan warna bunga yang mencolok.

KRITERIA TANAMAN REFUGIA
1. Memiliki bunga dan warna yang mencolok dan memiliki aroma khas sehingga disukai oleh serangga musuh alami (predator, parasitoid dan pollinator) seperti bunga matahari, bunga kertas, bunga jengger ayam(celosia) bunga kenikir dan bunga tahi ayam (marigold)
2. Regenerasi tanaman cepat dan berkelanjutan
3. Benih atau bibit mudah diperoleh
4. Mudah ditanam
5. Dapat ditumpangsari dengan tanaman lain

JENIS TANAMAN YANG BERPOTENSI SEBAGAI REFUGIA :
1. Tanaman hias : bunga matahari, bunga kenikir, bunga marigold.
2. Gulma : bandotan (Ageratum conyzoides), bunga tahi ayam (Tagetes erect), selasih
3. Tanaman liar : bunga legetan, rumput kancing ungu
4. Sayuran : kacang Panjang, bayam, jagung

CARA PENANAMAN REFUGIA
Refugia sebaiknya ditanam pada saat sebelum olah tanah atau sebelum tanaman utama ditanam agar dapat dimanfaatkan sebagai tempat berlindung dan berkembang biak bagi musuh alami dan serangga polinasi. Penananman refugia diusahakan di luar area tanaman utama atau dipematang kebun atau tanah kosong disekitar kebun dengan posisi berjajar memanjang serta sejajar dengan sinar matahari, sehingga tidak mengurangi intensitas penyinaran matahari kepada tanaman utama. Penanaman refugia diusahakan jangan terlalu rimbun supaya tidak mengundang hama lain seperti tikus yang menyukai daerah semak yang rimbun.

Referensi
Ayo menanam Refugia.http://disperta.mojokertokab.go.id/artikel/ayo-menanam-refugia. Diakses pada tanggal 5 November 2022.
Roswita Rifda. 2021. Manfaat, Jenis dan Teknik Penanaman Refugia.http://sumbar.litbang.pertanian.go.id/index.php/info-tek/2020-refugia. Diakses pada tanggal 21 November 2022.






Author By : Lina Nur Laila, SP. - Refugia : Si Cantik Yang Kaya Manfaat - 25 Nov 2022